Memory

Memory
Rev. Sihotang

Kamis, 20 Juni 2013

Renungan



Lukas  13:22-30
13:24 Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: "Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat.

Satu Pintu

Sebuah acara reality show, Big Brother, yang tayang di salah satu stasiun televisi swasta, menjadi sebuah tontonan wajib bagi kami sekeluarga. Setiap hari, selama kurang lebih dari 150 hari, disuguhkan situasi hidup yang ada di dalam sebuah rumah yang dihuni 15. Mereka, laki-laki dan perempuan, hidup bersama tanpa alat penunjuk waktu, tanpa alat komunikasi maupun media hiburan lainnya, dan harus mematuhi aturan yang ditentukan oleh pemilik rumah tersebut. Setiap hari diadakan permainan yang menguji kemampuan fisik dan mental, dan juga kemampuan untuk bersosialisasi dengan sesama penghuni yang datang dari beragam latar belakang yang berbeda-beda. Sering terjadi konflik yang mengakibatkan pertengkaran antara yang satu dengan yang lainnya. Mereka berjuang untuk dapat “menyingkirkan” rekan penghuni lainnya dari rumah tersebut hingga hanya tersisa seorang pemenang di akhir acara.
Ketika Yesus berkata “berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu”, pesan yang hendak disampaikan-Nya jelas. Bila orang ingin mendapatkan suatu hasil, dia tidak bisa berbuat lain kecuali berjuang. Bila orang Yahudi menginginkan “keselamatan”, mereka harus berusaha mencapainya. Status sebagai anak abraham tidak berguna sedikitpun untuk menjamin keselamatan mereka. Di sini Yesus menghargai perjuangan, betapa tidak mudahnya menghadapi beragam tantangan yang datang silih berganti. Yang jelas, keringat dan air mata, kepenatan dan ketidakberdayaan merupakan bagian dari perjuangan itu disamping penantian dan sukacita, harapan dan kegembiraan.   
Saudaraku, semua orang berhak mendapatkan keselamatan itu, tetapi tidak semua orang akan mendapatkan keselamatan itu. Artinya, semua orang yang ingin selamat, harus berjuang mempertahankan imannya. Sebab pintunya hanya satu, melalui Kristus, tetapi banyak orang yang ingin masuk ke dalamnya.

  1. Mengapa banyak orang yang tidak dapat masuk melalui pintu tersebut?
  2. apakah anda sedang terus berjuang untuk keselamatan anda?

Pokok Doa : semua orang yang berjuang untuk keselamatannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar